Viar Produksi 500 Unit Motor Listrik
4 December 2017


Article Image

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-- Selama ini Viar identik sebagai produsen motor tiga roda terbesar di Indonesia.

Namun diam-diam Viar telah mengembangkan teknologi motor listrik yang diaplikasikan pada dua motor terbarunya, yaitu Viar Q1 dan Viar Pulse.

Keduanya membawa teknologi canggih yang sering kita jumpai pada motor buatan Jepang ataupun Eropa, terkait kualitas motor buatan Viar yang sering kali dipandang sebelah mata tidak diragukan lagi.

Corporate Manager Deden Gunawan yang dihubung Senin (4/12) menuturkan, dalam pembuatan motor listrik Viar Q1 yang sudah ada di Sulsel, Viar bekerja sama dengan Bosch.

"Produksi perdana secara nasional sekitar 500 unit. Sekarang tahap inden. Distribusi di Sulsel sekitar puluhan saja," kata Deden.

Untuk mesin produknyam dijamin ramah lingkungan, karena menggunakan tenaga listrik yang tak menghasilkan emisi gas buang.

Desain motor listrik Viar tersebut sangat unik. Lekukan bodinya terlihat futuristik, dan terkesan lebih modern dibandingkan motor matic pada umumnya.

Tak hanya itu, Viar Q1 juga memiliki bobot sangat ringan, karena beratnya cuma 87,5 kilogram (kg). Sedangkan untuk bodinya memiliki ukuran dimensi panjang 1.680 milimeter (mm), lebar 690 mm, dan ketinggian 1.220 mm. Kemudian untuk jarak terendah ke tanahnya berukuran 155 mm dan jarak sumbunya 1.060 mm.

"Melihat dimensinya, motor ini khusus dirancang agar nyaman dikendarai oleh pengendara pria maupun wanita," katanya.

"Harga Viar Q1 juga cukup terjangkau, karena motor listrik Viar ini dibanderol dengan harga OTR Makassar Rp 17,3 juta," katanya.

Kecepatan hingga 60 Km/Jam

Walaupun murah, namun motor listrik Viar Q1 telah memakai mesin listrik Bosch yang tak perlu diragukan kualitasnya.

Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 800 watts, dan membuatnya mampu melaju pada kecepatan 60 km/jam.

"Kemudian untuk baterainya, Viar Q1 memakai baterai bertipe lithium maintenance free (60V20AH) yang bisa terisi penuh dalam waktu 5 sampai 7 jam," kata Deden Gunawan, Corporate Manager Viar. (cr2)

source: http://makassar.tribunnews.com/2017/12/04/viar-produksi-500-unit-motor-listrik